STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR

Prosedur Operasional Standar ( SOP ) merupakan sistem yang disusun untuk memudahkan, merapikan, dan menertibkan suatu pekerjaan. Dengan kata lain SOP adalah dokumen yang berisi serangkaian instruksi tertulis yang dibakukan mengenai berbagai proses penyelenggaraan administrasi perkantoran yang berisi cara melakukan pekerjaan, waktu pelaksanaan, tempat penyelenggaraan, dan aktor yang berperan dalam kegiatan (Insani, 2010)

Menurut penjelasan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Permenpan No.PER/21/M-PAN/11/2008), manfaat SOP secara umum bagi organisasi adalah:

  1. Sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan khusus, mengurangi kesalahan dan kelalaian.
  2. SOP membantu staf menjadi lebih mandiri dan tidak tergantung pada intervensi manajemen, sehingga akan mengurangi keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan proses sehari-hari.
  3. Meningkatkan akuntabilitas dengan mendokumentasikan tanggung jawab khusus dalam melaksanakan tugas.
  4. Menciptakan ukuran standar kinerja yang akan memberikan pegawai. cara konkret untuk memperbaiki kinerja serta membantu mengevaluasi usaha yang telah dilakukan.
  5. Menciptakan bahan-bahan training yang dapat membantu pegawai baru untuk cepat melakukan tugasnya.
  6. Menunjukkan kinerja bahwa organisasi efisien dan dikelola dengan baik.
  7. Menyediakan pedoman bagi setiap pegawai di unit pelayanan dalam melaksanakan pemberian pelayanan sehari-hari.
  8. Menghindari tumpang tindih pelaksanaan tugas pemberian pelayanan.
  9. Membantu penelusuran terhadap kesalahan-kesalahan prosedural dalam memberikan pelayanan.
  10. Menjamin proses pelayanan tetap berjalan dalam berbagai situasi.

No Nama/ Judul Tahun File
1 SOP Penyelesaian Administrasi Pemeliharaan Kendaraan 2024
2 SOP Pelaporan Kinerja Pegawai (SKP) 2024
3 SOP Pembayaran Tunjangan Kinerja 2024
4 SOP Kenaikan Gaji Berkala 2024
5 SOP Ujian Dinas 2024
6 SOP Taspen, Karpeg, Karis, dan Karsu 2024
7 SOP Disiplin Pegawai 2024
8 SOP Ujian Dinas dan Penyesuaian Ijazah 2024
9 SOP Validasi dan Pemutahiran Data SIM ASN 2024
10 SOP Bantuan Teknis Video Conference 2024
11 SOP Helpdesk Penanganan Permasalahan Teknis TI Sekretariat BSIP 2024
12 SOP Penyusunan Buku Statistik BSIP 2024
13 SOP Layanan Bantuan Hukum 2024
14 SOP Penetapan Ijin Pemasukan SDG Tanaman 2024
15 SOP Penyajian Data Survei Kepuasan Masyarakat 2024
16 SOP Penyusunan Keputusan Kepala BSIP 2024
17 SOP Usulan Abdibaktitani 2024
18 SOP Pelaksanaan Peliputan Oleh Humas BSIP 2024
19 SOP Penyelenggaraan Peliputan Kegiatan oleh Media Massa (Mitra Humas) 2024
20 SOP Penyusunan Konten Media Sosial 2024
21 SOP Persiapan Pelaksanaan Pameran 2024
22 SOP Tindak Lanjut Terhadap Permohonan yang Tidak Termasuk dalam Kategori Informasi Publik 2024
23 SOP Penyelenggaraan Konferensi Pers 2024
24 SOP Usulan Kenaikan Jabatan Fungsional 2024
25 SOP Usulan Pelantikan Jabatan Fungsional 2024
26 SOP Usulan Pemberhentian Jabatan Fungsional 2024
27 SOP Usulan Pengangkatan Kembali Jabatan Fungsional 2024
28 SOP Usulan Pengangkatan Perpindahan Jabatan Fungsional 2024
29 SOP Usulan Pengangkatan Pertama Jabatan Fungsional 2024
30 SOP Usulan Uji Kompetensi Jabatan Fungsional 2024
31 SOP Bantuan Biaya Penelitian 2024
32 SOP Izin Belajar Biaya Sendiri 2024
33 SOP Pengurusan Kartu Istri dan Kartu Suami 2024
34 SOP Orientasi CPNS BSIP 2024
35 SOP Pemberian Penghargaan Lingkup BSIP 2024
36 SOP Pencalonan Tugas Belajar 2024
37 SOP Pendidikan Non Gelar 2024
38 SOP Penyelesaian Kasus Etika dan Disiplin Pegawai 2024
39 SOP Perpanjangan Tugas Belajar 2024
40 SOP Penyusunan Laporan Keuangan Tingkat Eselon I 2024
41 SOP Revisi Target Pagu PNBP BSIP 2024
42 SOP Laporan Realisasi PNBP 2024
43 SOP Penyusunan ADK dan Daftar Nominatif TUKIN Lingkup BSIP 2024
44 SOP Penyusunan Penyelesaian Piutang Negara 2024
45 SOP Penyusunan Surat Instruksi Kepala Badan Tindak Lanjut LHP BPK RI 2024
46 SOP Penyusunan Surat Permintaan Tindak Lanjut LHP Itjen 2024
47 SOP Penyusunan Target dan Pagu PNBP 2024
48 SOP Penyusunan Surat Penyampaian Tindak Lanjut LHP Itjen 2024
49 SOP Penyusunan Usulan Tindak Lanjut LHP BPK RI 2024
50 SOP Proses Usulan Jenis dan Tarif PNBP 2024
51 SOP Usulan Pelaksana Tugas Kuasa Pengguna Anggaran 2024
52 SOP Pelayanan Peminjaman Arsip 2024
53 SOP Surat Keluar SRIKANDI 2024
54 SOP Surat Masuk SRIKANDI 2024
55 SOP Pemusnahan Arsip Inaktif 2024
56 SOP Penyusunan Renstra Sekretariat BSIP 2024
57 SOP Penyusunan Perjanjian Kinerja 2024
58 SOP Penyusunan LAKIN Sekretariat BSIP 2024
59 SOP Penyusunan Laporan Bulanan Sekretariat BSIP 2024
60 SOP Penyusunan Anggaran Sekretariat BSIP 2024
61 SOP Pelaksanaan Penghapusan BMN 2024
62 SOP Pemeliharaan Gedung dan Halaman 2024
63 SOP Peminjaman BMN 2024
64 SOP Peminjaman Gedung BMN 2024
65 SOP Penetapan Status Penggunaan BMN 2024
66 SOP Pengemudi 2024
67 SOP Peminjaman Kendaraan Untuk Kepentingan Pribadi 2024
68 SOP Pemeliharaan Kendaraan Dinas 2024
69 SOP Pengelolaan Mess 2024
70 SOP Pengelolaan PNBP 2024
71 SOP Formasi Pegawai Sekretariat BSIP 2024
72 SOP Masuk dan Keluar Kendaraan Pegawai dan Tamu 2024
73 SOP Pelaksanaan Uji Kompetensi 2024
74 SOP Izin Belajar dan Tugas Belajar 2024
75 SOP Satyalancana Karya Satya 2024
76 SOP Kenaikan Pangkat PNS 2024
77 SOP Pencantuman Gelar 2024
78 SOP Cuti Pegawai 2024
79 SOP Pensiun 2024
80 SOP Penyusunan Daftar Informasi Publik Kementerian Pertanian 2023
81 SOP Pendokumentasian Informasi Publik Kementerian Pertanian 2023
82 SOP Penanganan Keberatan Informasi Publik Kementerian Pertanian 2023
83 SOP Pelayanan Permohonan Informasi Publik Kementerian Pertanian 2023
84 SOP Fasilitasi Keberatan Informasi Publik Kementerian Pertanian 2023
85 SOP Uji Konsekuensi Kementerian Pertanian 2023