STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR

Prosedur Operasional Standar ( SOP ) merupakan sistem yang disusun untuk memudahkan, merapikan, dan menertibkan suatu pekerjaan. Dengan kata lain SOP adalah dokumen yang berisi serangkaian instruksi tertulis yang dibakukan mengenai berbagai proses penyelenggaraan administrasi perkantoran yang berisi cara melakukan pekerjaan, waktu pelaksanaan, tempat penyelenggaraan, dan aktor yang berperan dalam kegiatan (Insani, 2010)

Menurut penjelasan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Permenpan No.PER/21/M-PAN/11/2008), manfaat SOP secara umum bagi organisasi adalah:

  1. Sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan khusus, mengurangi kesalahan dan kelalaian.
  2. SOP membantu staf menjadi lebih mandiri dan tidak tergantung pada intervensi manajemen, sehingga akan mengurangi keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan proses sehari-hari.
  3. Meningkatkan akuntabilitas dengan mendokumentasikan tanggung jawab khusus dalam melaksanakan tugas.
  4. Menciptakan ukuran standar kinerja yang akan memberikan pegawai. cara konkret untuk memperbaiki kinerja serta membantu mengevaluasi usaha yang telah dilakukan.
  5. Menciptakan bahan-bahan training yang dapat membantu pegawai baru untuk cepat melakukan tugasnya.
  6. Menunjukkan kinerja bahwa organisasi efisien dan dikelola dengan baik.
  7. Menyediakan pedoman bagi setiap pegawai di unit pelayanan dalam melaksanakan pemberian pelayanan sehari-hari.
  8. Menghindari tumpang tindih pelaksanaan tugas pemberian pelayanan.
  9. Membantu penelusuran terhadap kesalahan-kesalahan prosedural dalam memberikan pelayanan.
  10. Menjamin proses pelayanan tetap berjalan dalam berbagai situasi.

No Nama/ Judul Tahun File
1 SOP Dokumentasi Peliputan dan Publikasi Internal 2023
2 SOP Pengelolaan Informasi Melalui Media Sosial 2023
3 SOP Pelayanan Protokoler 2023
4 SOP Tanggapan Atas Pertanyaan Publik dan Media 2023
5 SOP Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Melalui Aplikasi LAPOR 2023
6 SOP Pengelolaan Hubungan Antar Lembaga dan Kunker DPR RI 2023
7 SOP Pengelolaan Perpustakaan 2023
8 SOP Pelayanan Perpustakaan Melalui Kunjungan Langsung 2023
9 SOP Penyelenggaraan Konferensi Pers 2023
10 SOP Updating Informasi Website dan Media Sosial Terkait Isu Strategis 2023
11 SOP Pelaksanaan Kunjungan Pers 2023
12 SOP Penyelenggaraan Peliputan Media Massa 2023
13 SOP Penyiapan Press Release 2023
14 SOP Fasilitasi Pameran Tingkat Kementerian 2023
15 SOP Fasilitasi Pameran Mandiri 2023
16 SOP Sosialisasi dan Diseminasi Informasi Melalui Penayangan di Media Massa 2023
17 SOP Penyusunan Daftar Informasi Publik 2023
18 SOP Pelayanan Informasi Publik 2023
19 SOP Uji Konsekuensi Kementerian Pertanian 2023
20 SOP Penyusunan Daftar Informasi Publik Kementerian Pertanian 2023
21 SOP Pendokumentasian Informasi Publik Kementerian Pertanian 2023
22 SOP Penanganan Keberatan Informasi Publik Kementerian Pertanian 2023
23 SOP Pelayanan Permohonan Informasi Publik Kementerian Pertanian 2023
24 SOP Fasilitasi Keberatan Informasi Publik Kementerian Pertanian 2023